Friday 15 April 2011

Menjelang Ujian Nasional

Dua minggu terakhir, kegiatan nampaknya di dominasi oleh berbagai rapat tentang Ujian Nasional di kotaku, banyak hal yang dibahas. Mulai menyiapkan daftar peserta sementara sampai ke persiapan ujicoba ujian nasional.


Mengenai uji coba kurang lebih ada tiga tingkat uji coba :
  • Tingkat Sekolah agenda nya tiap satu bulan sekali
  • Tingkat Kecamatan ini baru dilaksanakan 1 kali dan masih akan dilaksanakan 2 kali lagi.
  • Tingkat Kota baru hari ini di coba dan nanti akhir Maret sekali lagi
Sebegitu gencarnya siswa/i di latih untuk mencoba ujian nasional, dengan satu harapan kelak jika mereka ujian tidak canggung lagi, karena suasananya dibuat semirip mungkin dengan apa yang akan terjadi saat ujian.
Program yang lain yang berkaitan dengan program ujian nasional adalah Pelajaran tambahan untuk siswa, ada yang menyebutnya jam ke 0, artinya siswa harus mulai belajar jam 6 pagi, ada yang melaksanakannya siang setelah jam pelajaran “resmi” usai. Dan kebanyakan sekolah melaksanakannya dengan acara ” mencoba soal-soal Ujian Nasional yang telah lalu ” atau istilah gurunya biasa disebut “drilling”.
Tak ada yang memperhitungkan jenuhkah siswa mengikuti sekian banyak agenda yang dibuat. Tak ada yang khawatir akankah metoda drilling itu bermanfaat bagi siswa atau tidak. Yang jelas siswa harus mempersiapkan segala sesuatunya menjelang Ujian.
Bagi guru semua itu merupakan rutinitas yang dijalani selama 3 tahun terakhir, setiap menjelang ujian. Insya Allah semua itu dilakukan semata-mata karena tak ingin melihat anak didiknya dinyatakan gagal dalam Ujian Nasional.
Selamat berjuang anak penerus bangsa, semoga sukses

No comments:

Post a Comment